COD (Complément d'Objet Direct) - Grammaire

Artikel ini akan menjelaskan tentang Complément d'Objet Direct, bentuk, cara menggunakan, dan aturannya dalam Bahasa Prancis.
--

Pengertian Complément d'Objet Direct

Complément d’Objet Direct (COD) adalah elemen verba tanpa preposisi yang memungkinkan untuk menentukan objek dari suatu tindakan yang dilakukan secara langsung. Ini menjawab pertanyaan qui (siapa) atau quoi (apa) dan tidak pernah diperkenalkan oleh preposisi. Contoh: Clara donne le gâteau à Emma. (Clara memberikan kue kepada Emma.), le gâteau adalah objek langsung dari kalimat, melengkapi kata kerja donner (memberikan).

Bentuk Complément d'Objet Direct

Complément d’Objet Direct (COD) pada umumnya terbentuk dengan pronomina pribadi menggantikan nomina yang diletakkan sebelum verba. Contoh: Il mange la pizza. (Dia makan pizza.), Dapat diubah menjadi Il la mange. (Dia memakannya.)

Berikut adalah beberapa contoh pronomina pribadi COD dalam bahasa Prancis:

Les Pronouns
MaskulinFeminin
Jeme
Tute
Il/Elle/Onlela
Nousnous
Vousvous
Ils/EllesLes

Attention
  • Me, Te, dan Le yang diikuti oleh vokal maka menjadi m' , t' dan l'.
  • Penempatan COD: Biasanya, COD ditempatkan setelah verba, tetapi juga bisa ditempatkan sebelum verba. Misalnya, dalam kalimat Vous achetez des tasses à la brocante. (Anda membeli cangkir di pasar loak.), “des tasses” adalah COD yang ditempatkan setelah kata kerja “achetez” (membeli)

Kalimat positif

  1. Penggunaan Verba Transitif Langsung: Kata kerja yang diikuti oleh COD disebut kata kerja transitif langsung. Misalnya, dalam kalimat Le chat mange la souris (Kucing makan tikus), mange adalah verba dan la souris adalah COD. Untuk menemukan COD, kita perlu bertanya: “Le chat mange quoi?” (Kucing makan apa?). Maka, jawabannya adalah “la souris”, yang merupakan COD.
  2. Penggunaan Pronoun Pribadi COD: Pronoun pribadi COD digunakan untuk menggantikan subjek atau objek dalam kalimat, sehingga tidak perlu diulang. Misalnya, dalam kalimat Vous appelez les clients (Anda menelepon pelanggan), maka kita dapat menggantikan “les clients” dengan “les” dan kalimatnya menjadi Vous les appelez (Anda menelepon mereka).
  3. Penggunaan Kata Benda, Kelompok Kata Benda, Pronoun, Kata Kerja Infinitif, atau Klausa Subordinat: COD dapat berupa kata benda, kelompok kata benda, pronoun, kata kerja infinitif, atau klausa subordinat3. Misalnya, dalam kalimat “Vous appelez les clients” (Anda menelepon pelanggan), “les clients” adalah kelompok kata benda yang berfungsi sebagai COD.

Kalimat negatif

Untuk membuat kalimat negatif dengan Complément d’Objet Direct (COD), tambahkan "ne" sebelum pronomina pribadi + verba dan "pas" setelahnya. Contoh: Je vois le chat (Saya melihat kucing), jika kita ingin membuatnya menjadi negatif, kita akan mengatakan Je ne le vois pas (Saya tidak melihat kucing).

Perbedaan dengan Le Pronom "COI"

Complément d'Objet Direct dan Complément d'Objet Indirect adalah dua pronomina dalam bahasa Prancis. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Complément d'Objet DirectComplément d'Objet Indirect
Menggantikan hal atau orang yang menerima aksi verba dalam kalimat.Menggantikan hal atau orang dalam kalimat untuk/di mana aksi verba terjadi.
COD menjawab pertanyaan qui (siapa) atau quoi (apa) dan tidak pernah diperkenalkan oleh preposisi. Misalnya, dalam kalimat Je connais Julie (Saya mengenal Julie), “Julie” adalah COD. Jika kita bertanya Je connais qui ? (Saya mengenal siapa?), jawabannya adalah “Julie”, yang merupakan CODCOI biasanya diperkenalkan oleh preposisi seperti à atau de dan menjawab pertanyaan à qui ? (kepada siapa?), à quoi ? (kepada apa?), de qui ? (dari siapa?), atau de quoi ? (dari apa?)2. Misalnya, dalam kalimat Max pense à sa voiture (Max berpikir tentang mobilnya), “sa voiture” adalah COI. Jika kita bertanya Max pense à quoi ? (Max berpikir tentang apa?), jawabannya adalah “sa voiture”, yang merupakan COI


Sumber :
  1. https://www.colanguage.com/direct-object-cod-french
  2. https://www.ithinklanguages.com/french-cod/
  3. https://www.lalanguefrancaise.com/grammaire/complement-d-objet-direct
  4. https://www.gymglish.com/en/frantastique/french-grammar/direct-object-pronouns-me-te-le-etc
  5. https://www.colanguage.com/complement-object-french
  6. https://learntofrench.com/master-cod-and-coi-in-french-explained/
  7. https://www.ortholud.com/grammaire/complements/trois.php/lang=en
  8. https://www.colanguage.com/complement-object-french
  9. https://www.ohlalafrenchcourse.com/blog/article/le-ou-lui-understand-the-use-of-cod-and-coi-pronouns-in-french https://www.francaisimmersion.com/cod-coi-french-grammar/ https://www.podcastfrancaisfacile.com/exercices/negation-complement-dobjet-direct.html https://francais.lingolia.com/en/grammar/sentence-structure/negation
Voir aussi :