Le Future Simple - Grammaire

Artikel ini akan menjelaskan tentang le future simple, bentuk, cara menggunakan, dan aturannya dalam Bahasa Prancis.
--

Pengertian Le future simple

Le Future Simple adalah bentuk masa depan yang paling sederhana dalam bahasa Prancis. Bentuk ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan terjadi di masa depan, rencana, atau niat. Contoh: Demain, je rangerai les dossiers. (Besok, saya akan merapikan dokumen)

Bentuk Le future simple

Le futur simple terbentuk dengan menambahkan akhiran pada akar kata kerja. Akhiran ini bervariasi tergantung pada konjugasi kata kerja. Untuk membentuk Le Future Simple, tambahkan akhiran -ai, -as, -a, -ons, -ez, atau -ont ke kata kerja infinitif

Kalimat positif

Dalam le future simple, kata kerja reguler pada umumnya mengambil bentuk infinitif dengan menambahkan akiran yang tergantung pada subjeknya. Contoh: Verba "Jouer" → Nous jouerons au volley. (Kami akan bermain voli.).

Attention
  • Untuk verba berakhiran -er dan -ir contoh, "rester", "partir" kamu hanya perlu menambahkan akhiran pada akar kata kerja sesuai dengan subjeknya.
  • Verba berakhiran -re contoh, "apprendre", kamu dapat menghilangkan akhiran -e kemudian tinggal tambahkan akhiran sesuai dengan subjeknya.

Les Verbes Réguliers
-er-ir-re
ParlerFinirPrendre
JeParleraiFiniraiPrendrai
TuParlerasFinirasPrandras
Il/Elle/OnParleraFiniraPrandra
NousParleronsFinironsPrandrons
VousParlerzFinirzPrandrz
Ils/EllesParlerontFinirontPrandront

Beberapa kata kerja tak beraturan memiliki bentuk khusus dalam le future simple. Kamu perlu menghafal bentuk-bentuk ini secara terpisah. Berikut adalah contoh kalimat future simple dengan verba tak beraturan: Verba "Pouvoir" → Vous pourrez accumuler beaucoup d'argent cette semaine. (Kamu akan dapat mengumpulkan banyak uang minggu ini.).

Attention

Les Verbes Irréguliers
ÊtreSer-VenirViendr-
AvoirAur-EnvoyerEnverr-
FaireFer-BoireBoir-
AllerIr-DevoirDevr-
PouvoirPourr-FalloirFaudr-
VouloirVoudr-VoirVerr-
SavoirSaur-
  • Diatas adalah beberapa contoh verba tak beraturan yang kerap dipakai dalam Bahasa Prancis.
  • Kamu perlu menghafal verba tak beraturan seperti beberapa contoh diatas, kemudian tambahkan akhiran pada akhir verba tersebut. Contoh: Je t'enverrai une jolie carte postale. (Aku akan mengirimkan kartu pos yang bagus).

Kalimat negatif

Untuk membuat kalimat negatif dengan Le futur simple, tambahkan "ne" sebelum bentuk konjugasi kata kerja dan "pas" setelahnya. Contoh: Nous n'irons pas au cinéma ce soir. (Kita tidak akan pergi ke bioskop malam ini). | Je ne parlerai pas français. (Saya tidak akan berbicara bahasa Prancis).

Penggunaan La Future Simple

Berikut adalah beberapa situasi di mana "futur simple" digunakan dalam bahasa Prancis:

  1. Le futur simple digunakan untuk meramalkan atau menggambarkan peristiwa yang akan datang dalam waktu yang jauh atau untuk mengekspresikan keinginan atau niat.
  2. Le futur simple digunakan ketika pembicara yakin tentang terjadinya suatu tindakan di masa depan.
  3. Le futur simple juga digunakan dalam konteks formal untuk mengekspresikan permintaan atau undangan dengan sopan.
  4. Kata keterangan waktu sering digunakan dalam kalimat dengan Le futur simple untuk menunjukkan kapan tindakan akan terjadi di masa depan.

Perbedaan dengan Le Future Proche

Le Future Simple dan Le Futur Proche adalah dua bentuk masa depan dalam bahasa Prancis. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Le Future ProcheLe Future Simple
Bentuk ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan terjadi dalam waktu dekat.Bentuk ini digunakan untuk menyatakan kejadian yang akan terjadi di masa depan, rencana, atau niat.
Konjugasi kata kerja dalam Le Futur Proche dilakukan dengan menggunakan kata kerja "aller" diikuti dengan kata kerja infinitif.Konjugasi kata kerja dalam Le Future Simple dilakukan dengan menambahkan akhiran -ai, -as, -a, -ons, -ez, atau -ont ke kata kerja infinitif.
Contoh kalimat Le Futur Proche: Je vais parler français. (Saya akan berbicara bahasa Prancis).Contoh kalimat Le Future Simple: Je parlerai français. (Saya akan berbicara bahasa Prancis).


Sumber :
  1. Fasad, I. (2020, October 26). Aturan konjugasi untuk kata kerja Prancis sederhana masa depan. Futur simple - waktu yang menunjukkan tindakan di masa depan. Steadicams. Retrieved June 22, 2023, from https://steadicams.ru/id/pravila-spryazheniya-glagolov-v-future-simple-francuzskii-futur-simple-vremya/
  2. Lingolia Francais. (2023). *Le futur simple:* the future tense in French. Lingolia. Retrieved June 22, 2023, from https://francais.lingolia.com/en/grammar/tenses/le-futur-simple
  3. Ghofur, A. (n.d.). Matière: LE TEMPS FUTUR. Production Écrite. Retrieved June 22, 2023, from https://productionecriteabad21tekno.blogspot.com/p/blog-page_17.html
  4. Alexa, A. (2020, June 22). French made easy: Le futur simple [Video]. YouTube. Retrieved June 22, 2023, from https://youtube.com/watch?v=2cYZfyeySVA
  5. Ultimateumam. (2014, September 21). Futur proche dan futur simple. Ultimate Umam. Retrieved June 22, 2023, from https://ultimateman2.wordpress.com/2014/09/19/futur-proche-dan-futur-simple/
  6. Karfis, C. C. (2023, April 20). 2 French future tenses – le futur proche et le futur simple. French Today. Retrieved June 22, 2023, from https://www.frenchtoday.com/blog/french-verb-conjugation/2-french-future-tenses-futur-proche-simple/
  7. Konjugasi Kata Kerja Bahasa Prancis : Futur de l’indicatif. (2011, June 11). FAITES COMME CHEZ VOUS. https://cenya95.wordpress.com/2008/08/01/konjugasi-kata-kerja-bahasa-prancis-futur-de-l%E2%80%99indicatif/
  8. SEPTHI, Amelia (2010) KORELASI ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA GASTRONOMI BAHASA PRANCIS DAN HASIL TERJEMAHAN TEXTE INJONCTIF KE DALAM BAHASA INDONESIA : Studi Korelasi Pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FPBS UPI Tahun Akademik 2010/2011. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Voir aussi :