Le Pronom "En" - Grammaire

Artikel ini akan menjelaskan tentang Le Pronom "En", cara menggunakan, dan aturannya dalam Bahasa Prancis.
--

Pengertian Le Pronom "En"

"En" adalah salah satu kata ganti dalam bahasa Prancis. Kata ganti ini disebut sebagai "pronom adverbiaux" atau kata ganti menerangkan.

"En" digunakan untuk menggantikan benda atau bahan yang tidak dapat dihitung atau diukur, seperti air, susu, atau gula

Selain itu, "en" juga dapat digunakan untuk menggantikan preposisi "de" yang digunakan untuk menyatakan asal atau bahan suatu benda. Contohnya, "J'ai acheté une robe en soie" yang artinya "Saya membeli gaun dari sutra".

Cara menggunakan & Aturannya

Berikut adalah cara menggunakan pronom "en" dalam kalimat bahasa Prancis:

  1. "En" digunakan untuk menggantikan benda atau bahan yang tidak dapat dihitung atau diukur, seperti air, susu, atau gula. Contohnya: Je bois de l'eau.J'en bois. (Saya minum air → Saya minum itu).
  2. "En" juga dapat digunakan untuk menggantikan kata de yang digunakan untuk menyatakan asal atau bahan suatu benda. Contohnya: J'ai acheté une robe de soie.J'en ai acheté une. (Saya membeli gaun dari sutra → Saya membeli satu itu).
  3. "En" juga dapat digunakan dalam kalimat negatif untuk menyatakan tidak ada atau tidak cukup. Contohnya: Je n'ai pas de pommes. → Je n'en ai pas. (Saya tidak punya apel → Saya tidak punya itu).
  4. "En" juga dapat digunakan dalam kalimat yang mengandung kata kerja yang diikuti oleh preposisi de. Contohnya: Il parle de sa voiture.Il en parle. (Dia berbicara tentang mobilnya → Dia berbicara tentang itu).
  5. Penggunaan pronom "en" pada kalimat tertentu merupakan pengganti sebuah nomina yang bentuknya nomina dengan kata sandang indéfini (un/un/des).

Perbedaan dengan Le Pronom "Y"

Satu-satunya persamaan diantara "En" dan "y" adalah mengikuti peraturan yang sama seperti pronomina orang. Berikut adalah perbedaan antara pronom "en" dan pronom "y" dalam kalimat bahasa Prancis:

  1. "En" digunakan untuk menggantikan benda atau bahan yang tidak dapat dihitung atau diukur, seperti air, susu, atau gula, sedangkan "y" digunakan untuk menggantikan kata benda yang diikuti oleh preposisi à. Contohnya, "Je vais à la bibliothèque" (Saya pergi ke perpustakaan) dapat diganti menjadi "J'y vais" (Saya pergi ke sana) dengan menggunakan pronom "y".
  2. "En" digunakan untuk menggantikan kata benda yang diawali dengan preposisi de, sedangkan "y" digunakan untuk menggantikan kata benda yang diawali dengan preposisi à.
  3. "En" dapat digunakan untuk menyatakan tidak ada atau tidak cukup, sedangkan "y" tidak memiliki penggunaan seperti ini.


Sumber :
  1. Bentuk dan Kegunaan En dan Y. (n.d.). https://shahvanonlineshop.blogspot.com/p/blog-page_5.html?m=1
  2. Komara, A. (2017, October 4). Belajar bahasa Prancis #1 : Kata ganti orang (pronom sujet). AKN’s Blog. Retrieved June 13, 2023, from https://azkiakhoir.blogspot.com/2017/10/belajar-bahasa-prancis-1-kata-ganti.html?m=1
  3. Risnafidel, R. (2017, April 22). Belajar bahasa Prancis yuk!!! LA BELLE RISNA. Retrieved June 13, 2023, from https://labellerisna.wordpress.com/2017/04/22/belajar-bahasa-prancis-yuk/
  4. https://www.wolframalpha.com/input?input=kapan+menggunakan+pronom+%22en%22+dalam+bahasa+prancis https://eprints.uny.ac.id/60444/1/Frida.pdf https://ilmu-detil.blogspot.com/2014/11/tutorial-bahasa-perancis-les-pronoms.html?m=1 https://journal.unpad.ac.id/metahumaniora/article/viewFile/18858/11559 https://www.scribd.com/document/475364679/bahasa-perancis-e-book-pdf
Voir aussi :